Rabu, 19 September 2012

SEUMUR HIDUP NABI HANYA SATU KALI SAKIT

Bismillahirrahmanirrohiim….

SEUMUR HIDUP NABI HANYA SATU KALI SAKIT

Nabi Muhammad SAW menjaga kesehatan dengan pola makan yakni menjaga perut (lambung)
Hadist Nabi saw yg populer mengenai perut adalah
" Kami tidak makan kecuali kami lapar dan berhenti sebelum kenyang"

Beliau banyak berpesan tentang ADAB MAKAN agar kesehatan tetap terjaga:

- pertama-tama, makan dalam keadaan bersih, setidaknya tangan harus sudah dicuci bersih. makanan agar jangan terlalu panas.

- Cara duduknya Seperti duduk tahiyat awal tapi lutut kanan dinaikkan. Posisi duduknya ialah peha/lutut kanan dinaikkan manakala kita duduk pada bahagian kaki kiri.  Sebenarnya cara duduk sebegini banyak kebaikannya. Posisi ini dapat memberikan keselesaan pada perut dan ia menjaga keseimbangan komposisi ruang dalam perut kepada 3 bahagian. Iaitu 1/3 ruang adalah untuk makanan, 1/3 untuk udara dan 1/3 lagi adalah untuk air.

- selanjutnya membaca basmalah

- kemudian memakan sedikit garam

- makan dengan tangan kanan dan jangan menyuap makanan dalam jumlah yang banyak ke dalam mulut. melainkan sedikit demi sedikit dimasukkan ke dalam mulut

- selanjutnya, harus mengunyah makanan sampai halus, jangan minum ditengah-tengah makan, duduk yang lama, mengambil makanan yang lebih dekat, jangan menatap mata, dan disunnahkan setiap kali suapan, dalam pikiran kita mengucapkan rasa syukur atas REZEKI DARI ALLAH SWT.

- ADAB MAKAN LAINNYA adalah menggunakan jari atw 3 jari dan sebisa mungkin tidak menggunakan sendok atau garpu kecuali makanan yang mengharuskan untuk itu.

- Nabi juga menganjurkan melengkapi makanan dengan sayur mayur.

- sebelum minum, hendaknya makan sedikit garam lagi.

- selesai makan mengelus perut dari atas ke bawah. jika ada sisa makan pada jari, dianjurkan untuk dijilat.
Hikmahnya kandungan enzim yang ada pada tangan / jari kita tadi akan makin cepat bercampur dengan makanan dan seterusnya memudahkan proses pencernaan.

- dan terakhir, mencuci tangan

UNTUK MENDAPATKAN KESEHATAN YANG PRIMA... seperti Rasulullah SAW
selain menjaga tubuh dari makan yang berlebihan yang patut diperhatikan juga adalah memberikan makanan kepada ruh. tentu saja zikir dan doa-doa adalah makanan terbaik bagi ruh. Dgn demikian tubuh mendapatkan makanan ruhx juga

Semoga bermanfaat... (kutipan Dr. Ghaffari/Guru besar sejarah nabi --FAJAR) dan dari sumber lainnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar